Kalian pernah nggak sih ngalamin yang rasanya bener-bener sudah bosan hidup entah karena nggak tahu mau ngapain lagi, hopeless dengan segala sesuatu, merasa nasib kurang beruntung, kehidupan yang nggak adil, no life no friend, pokoknya lu ngerasa ada di titik terendah dalam hidup lu. Kalau kalaian pernah ngalamin, well, tenang, kalian nggak sendiri kok. Jadi perasaan seperti itu namanya "Suicidal Feeling" atau perasaan ingin bunuh diri, tapi uniknya, kita hanya punya keinginan saja, meskipun sebenarnya kita tahu bahwa kecil kemungkinan kita bakal ngelakuinnya.Perasaan atau dorongan untuk bunuh diri, biasanya memang telah ada sejak lama. Jadi bukan secara tiba-tiba aja.




Nah kalau dikutip dari https://www.helpguide.org/articles/suicide-prevention/are-you-feeling-suicidal.htm ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk istilahnya menanggulangi, sewaktu-waktu kita punya keinginan untuk bunuh diri,

1. Ketika keinginan itu muncul, coba untuk berjanji pada diri sendiri untuk tidak melakukan hal-hal yang aneh, jadi apa yang kalian pikirkan pokonya hanya boleh ada dalam otak, nggak boleh direalisasikan


2. Usahakan jangan menyimpan "perasaan ingin bunuh diri" itu sendirian, kalau bisa sharing sama orang tua, teman yang bener-bener paham atau, sama psikolog sih, pokoknya orang-orang yang dirasa tepat, jangan sesekali coba sharing sama sembarang orang, karena pasti feedback yang didapat justru bisa bikin pikiranmu tambah  buruk.


3. Dekatkan diri sama tuhan kali ya gan, pokonya berharap saja bahwa perasaan atau keinginan untuk bunuh diri bisa segera hilang


4. Lakukan apapun yang bisa menghindarkan diri kalian dari setress, misalnya kalau gue sih lihat dulu lo tipenya orang seperti apa, misal extrovert sama introvert pasti beda dong treatmentnya, kalau orang extrovert mungkin senang bila bisa berinteraksi dengan orang lain, sedangkan introvert ya jangan maksain. Jadi kenali diri sendiri dulu, apa yang bisa bikin stress lu berkurang.


Kalau misalkan ada yang ingin cerita terkait pengalaman yang sama, boleh share di komentar ya, siapa tahu bisa saling berbagi dan menginspirasi untuk tidak melakukan hal-hal yang menjurus pada keinginan bunuh diri.

Kalau ada yang butuh bantuan bisa datang ke salah satunya : http://yayasanpulih.org/en/homepage/atau https://indopsycare.simplybook.asia/v2/  dan mungkin banyak tempat-tempat serupa didaerahmu, selalu googling ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar