Illusions perdues (2021) merupakan salah satu film asal perancis yang baru saja kutonton, Menceritakan tentang seorang pemuda dari keuarga sederhana yang menjalin hubungan kasih dengan wanita dari kalangan elit. Saat masih berada di desa, hubungan mereka sebenarnya berjalan baik-baik saja. Namun saat si wanita  kembali ke Paris, dan si pria ini berniat ikut untuk menemani, sekaligus meraih mimpi untuk menerbitkan kumpulan puisi yang dikarangnya menjadi buku, barulah masalah mulai muncul.

Paris, tak seperti orang kira, kota itu begitu kejam! Strata sosial dan ketimpangan sosial yang begitu mencolok, membawa masalah pada hubungan kedua muda-mudi tadi. Di Paris, hubungan mereka tergolong tidak lazim, bahkan jika diteruskan, akan ada banyak konsekuensi sosial yang mereka terima, terutama bagi si wanita kaya raya tadi. Ia akan dikucilkan dari pergaulan kaum elit di Paris. Jalan satu-satunya untuk menghindari masalah ini adalah dengan mengakhiri hubungan terlarang tadi.

--

Namun, begitu diputus oleh wanita kaya itu, si Pria ini tetap bersikukuh untuk tinggal di Paris demi menggapai impian utamanya tadi, menerbitkan buku berisi puisi karangannya itu. Jalan yang dilalui jelas tak mudah, beragam penolakan demi penolakan Ia terima. Orang-orang beranggapan bahwa buku jenis itu tidak akan laku terjual dipasaran. Oleh karena ini pula, Ia banting setir menjadi jurnalis, setelah ketemu dengan teman baru yang kebetulan bekerja disebuah surat kabar.

--

Si cowo ini pada awalnya tidak begitu menyangka bahwa dunia pers di Paris akan sekotor itu. Tulisan-tulisan yang dimuat dalam surat kabar bisa dipesan oleh mereka yang punya banyak uang. Selain itu, tak jarang, pers digunakan sebagai alat saling serang oleh para elit politik. Dan tebak, siapa yang pada akhirnya menjadi korban dari permainan kotor ini ? Yup, si pria tadi! 

Apa yang terjadi pada pria tersebut ? ada baiknya kalian tonton sendiri, dijamin sangat menarik. 

Illusions perdues (2021) 🌟8/10



Tidak ada komentar:

Posting Komentar