Paspor elektronik polikarbonat

Buat yang pengin coba ganti paspor baru, khusunya untuk epaspor polikarbonat, kalian bisa lakuin ini di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

****

Untuk menuju ke Kanim Jaksel, rutenya lumayan simple

Dari Halte Kota tinggal naik saja ke jurusan Blok M (1), terus transit di Dukuh atas, kemudian di Halte Dukuh Atas ganti bus Transjakarta dengan jurusan Ragunan (6B) turun di Halte Imigrasi. Kanimnya tepat disebelah halte Bus Imigrasi.

****

Syarat yang perlu dibawa itu bisa temen-temen baca di web imigrasi, tapi intinya, untuk paspor keluaran tahun 2009 keatas yang sudah expired, apabila mau diganti paspor baru, kalian hanya perlu bawa :

1. e-KTP asli

2. Paspor lama asli

3. Fotocopy e-ktp dan fotocopy paspor lama, biar nggak ribet, siapin aja langsung dari rumah. Fomatnya sesuai seperti gambar dibawah ini :

Format fotocopy E-KTP dan Paspor Lama untuk penggantian / pembuatan paspor baru

4. Jangan lupa printout halaman di mpaspor yang ada barcodenya (setelah pembayaran untuk pendaftaran paspor lunas nanti akan muncul barcode), ukurannya jangan besar-besar, sesuaiin aja sama ukuran yang ada dilayar Hp kalian, intinya biar barcodenya bisa kebaca di scanner.

Printout bukti pendaftaran m-paspor


Jadi setelah sampai kanim jaksel, temen-temen langsung aja pergi ke samping kanan gedung, nanti tanya petugas, dan diarahin untuk lurus saja ke belakang lalu belok kanan, nanti disitu ada loket untuk scan barcode.

Pembuatan paspor di Kanim Jaksel

Setelah scan barcode, nanti kita bakal dikasih nomer antrian dan map coklat sama petugas yang bantu disitu. Di dalam map, cukup kita masukan berkas-berkas yang sudah kita bawa tadi.

Antrian M-Paspor Kanim Jaksel

Nah dari situ kita keluar dari ruang loket, lalu antri cantik yang pertama di belakang kanim. Setelah nomer kita dipanggil, kita akan disuruh ke lantai 2 untuk mengantri cantik yang ke 2.

Antrian paspor Kanim Jaksel

Dilantai 2 ini, antriannya panjang banget. Biasanya ada jeda 100 nomer, jadi misal kita dapet nomer antri 200 misalnya, orang yang baru diwawancara/ambil foto berarti baru sekitar 100an orang wkw.. jadi kita harus nunggu lumayan lama.

Antrian ke 2 di lantai 2

Entah kenapa kanim Jaksel ini sistem antriannya amburadul, gak sesuai diaplikasi m-paspor ! Jadi  masih first come first serve! Siapa yang datang pertama itu yang dilayani duluan kurang efisien. Saran aku sih, datang aja sepagi mungkin (meskipun di jadwal aplikasi mpaspor pilihnya siang) mereka nggak ngemasalahin juga ! Oya untuk yang penggantian paspor baru dari paspor lama, prosesnya cepet, cuma foto dan pengambilan sidik jari ulang, gitu aja.


Paspor jadi setelah 7 hari, dan buat yang ribet, kita bisa minta untuk dikirim lewat pos kerumah kita (estimasi luar jabodetabek +7hari, dengan biaya packing 15 ribu + ongkir sesuai alamat, jadi jangan lupa sediain uang cash juga). Oya kalau mau dikirim, setelah wawancara, kita bilang ke petugasnya untuk dikirim, sama mereka nanti dibuatin blanko / kwitansinya untuk petugas pos. Untuk loket posnya itu ada di belakang gedung kanim, pojok kanan, deket sama tempat antrian awal yang pertama tadi.


Bukti pembayaran pos kanim jaksel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar