Well guys, balik lagi bareng gue di blog yang makin lama makin suram ini.

Kali ini gue mau cerita tentang Kampung Inggris di Pare. Sebenernya sudah sejak lama gue kepo sama tempat ini, berbekal baca-baca di Internet, katanya Kampung Inggris emang tempat yang diperuntukan bagi kalian yang pengin banget ngasah skill bahasa inggris, gak peduli lo masih noob, gak ngerti bahasa inggris sama sekali. Tenang, ada banyak lembaga yang siap ngebantuin lo kok, asal ada waktu dan duid pastinya.

Oke lanjut, ceritanya liburan semester ini, mumpung gue lagi punya banyak waktu luang, nggak ada salahnya dong ngabisin waktu yang ada buat kegiatan yang sedikit berfaedah. Alhasil setelah pergulatan panjang, gue dan teman gue fix tuh berencana bakal ke Pare bareng. Tapi emang dasarnya orang Indo ya guys, haha udah ketebak lah endingnya gimana. Alhasil dengan sangat terpaksa, gue melanjutkan perjalanan ke Pare sendiri karena gue udah beli tiket Jogja - Kediri yang lumayan mahal. Jadi sayang aja kan kalau hangus wkkw.

Dan berangkat ke pare adalah salah satu keputusan terkonyol yang gue buat. Awalnya selama perjalanan gue mikir, apa gue batalin aja ya rencana ngecamp. Alasan utama sih, waktu gue ternyata lumayan mepet. Gue pusing banget, dengan beberapa hal. Pertama soal aplikasi student exchange gue yang terancam gagal. Pasalnya, sampe saat ini, ada beberapa kendala di berkas, kayak transkrip nilai yang belum keluar, surat rekomendasi dari univ yang belum dibuat, sampai urusan minta rekomendasi professor yang belum gue lakuin. Terus disisi lain gue semakin bingung dong, dengan waktu yang gue punya selama 2 minggu, ekspektasi gue setibanya dipare tanggal 9, gue bisa langsung belajar keesokan harinya di tanggal 10, tapi ternyata, kelas dimulai tanggal 14, wtf...wasting time & money. Praktis, gue cuma bisa efektif belajar semingguan aja di pare. Karena gue cuma punya waktu 2 minggu dari tanggal gue datang. Masalah makin runyam karena, program yang ada di periode tanggal 10 itu minimal 1 bulan, jadi lo bisa bayangin bayar full, tapi lo belajar cuma 1 minggu :”( kesel banget gak sih...

Dan yang bikin gue makin yakin kalau keputusan gue kepare memang benar-benar konyol adalah, seketika gue ngerasa kalau gue nggak begitu cocok sama atmosfer di pare. Pertama soal camp, sebelum ke pare, gue saranin lo gak usah terlalu berekspektasi, malah kalau bisa lo turunin ekspektasi lo khususnya masalah akomodasi kamar camp, bisa gue bilang dengan biaya yang sangat-sangat murah, lo gak bisa berharap banyak. Khusus kamar, pertama gue masuk, duh kamar berantakan banget, belum diberesin atau mungkin gak diberesin setelah penghuninya cabut. Selain itu, nyamuknya banyak banget, dan ada barang-barang dari penghuni sebelumnya yang tergeletak begitu saja, amit dah, kaos kaki, celana, dan macem lainnya. Karena bagi gue, comfort itu penting, maka soal kamar, bisa gue bilang kurang begitu layak. Kasur yang kotor, bantal yang menghintam entah berapa banyak aer liur dari orang-orang berbeda, terus juga nggak ada bed cover. Dang it. Trust me, lo sendiri agak begitu maaf “jijik”. Oya satu lagi, kamar itu biasanya diisi 3-4 orang, bayangin aja kasurnya cuma 1 :( jadi harus berhimpitan kayak pindang-_-.. Dan yang makin bikin kesel, ternyata, camp buat putri itu dikasih rumah dan bersih banget dong. Yakali lo udah bayar harga sama, tapi camp yang lo dapetin beda jauh. Well gak semua laki-laki tahansama kamar “kumuh” dan jorok.

Kedua, belajar dipare itu kroyokan, alias dalam 1 batch biasanya orangnya banyak banget. Kalau lu tipe orang yang suka belajar ramean, pare 100% cocok buat lu. Tapi kalau kayak gue, yang berisik dikit aja langsung ke distract, maka Pare is a big no. Maka penting banget buat lo tau, kalau lo itu tipe orang yang kek gimana. Kalau lo introvert, mending buang jauh-jauh deh niat lo buat ke pare.Nyiksa diri sendiri tau ga.

Oya gue kasih beberapa saran nih buat yang mau kepare.

1. Pastiin lo pilih tempat les yang enak, dari segi materinya dapet, dari lingkungannya juga bersih. Sekilas ada beberapa tempat lain di pare sih yang dari gedungnya gede, juga baru, jadi mungkin lebih nyaman.
Angkot

2. Setelah lo sampe di stasiun kediri. ada 2 alternative. Kalau lo sobat misqueen, lo bisa minta tolong ke kang becak buat nganterin ke bhayangkara, disitu lu bakal dicariin angkot ke pare sama kang becak. Biayanya ? Becak 15 rebu + Angkot pare 20 rebu. Tapi kalau lo gak mau ribet panas-panasan, lo bisa naik mini bus/ whatever it called, yang sudah standby di depan stasiun dan siap langsung nganterin lo ke tempat tujuan tanpa perlu muter-muter, biayanya mungkin 50rb keatas. Alternative lainnya, lo bisa order abang angkot suruh jemput di stasiun, jadi lo gak usah kek orang dodol naik bcakskip langsung naik angkot, hemat 15 rebu kan.

3. Pastiin lo berangkat ke pare H-1 sebelum mulai program, biar nggak gaje kek gue. Dan lu harus udh tau jadwal mulai, dan tentuin apakah pendaftaran program harus booking online atau on the spot.
4. Barang-barang yang penting dan wajib banget lo bawa buat kenyamanan pribadi : Bed cover, terus adaptor charger, obat nyamuk, kipas angin mini kalau gak mau rempong! perlengkapan mandi dsb.
5. Penting banget, buat lo yang tipe introvert, mending lo pikir ulang. Gue lebih saranin ikut les dibimbel-bimbel mainstream aja deh, yang pesertanya terbatas. Atau kalau lo lebih yaman belajar sendiri, gue saranin mending tekunin aja tuh belajar mandiri dari buku + sering2 liat youtube, nonton film, dengerin native, baca koran sama ajak temen lo ngobrol bhs inggris kayaknya udah lebih dari cukup. Gak perlu buang-buang uang, waktu dan tenaga ke pare.

Mungkin itu aja sih opini personal gue tentang pare. Mungkin pare cocok bagi sebagian orang, tapi yang jelas, pare ndak cocok buat gue. And i don’t want to comeback to there in near future. Oya. Things good about pare, mungkin makanannya murah dan ada beberapa tampat menarik yang bisa dikunjungi selagi punya waktu dipare, misalnya simpang 5, candi atau ke bromo.

Tambahan : di pare tuh ada warung geprek yang enak banget, itu lokasinya persis disebelah camp gue. Selalu rame dan harganya dijamin murah, cuma 8000aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar