Kabupaten Sumbawa, Surga Wisata Alam
Berwisata tak melulu hanya Bali, Jogja dan Jakarta. Indonesia masih memiliki banyak tempat-tempat lain yang jauh lebih bagus, tak kalah menarik dan sangat disayangkan apabila tidak dikunjungi. Salah dari sekian banyak destinati wisata yang kian populer dan mampu memikat banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia adalah Kabupaten Sumbawa. Berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat, kabupaten yang menempati jantung pulau sumbawa ini juga tersusun atas beberapa pulau-pulau kecil lain disekitarnya, seperti Pulau Moyo, Pulau Panjang, Pulau Liang, Pulau Medang, Pulau Ngali dan Pulau Rakit. Kondisi geografis ini tak pelak membuat Kabupaten Sumbawa dilimpahi beragam potensi lanskap kepulauan yang luar biasa besarnya. Seakan tak ingin menyia-nyiakan, segenap potensi telah digarap baik oleh pemerintah bersama masyarakat melalui pemberdayaan dan perwujudan ekosistem wisata yang solid. Sehingga tidak mengherankan jika di Kabupaten Sumbawa, kita dapat menemukan surga wisata alam dengan bermacam variasi tempat pariwisata menarik yang tersebar mulai jauh di kedalaman laut, pesisir pantai, hingga masuk kedalam pulau yang tentu masing-masing mengemas karakter dan keunikan yang berbeda. Selain objek wisata yang gaungnya telah terkenal hingga ke mancanaegara seperti Pulau Moyo dengan Air Terjun Mata Jitu-nya, Kabupaten Sumbawa juga memiliki beberapa objek menarik lain yang kini tengah naik daun dan menjadi rujukan banyak wisatawan seperti Gili keramat dan Gili Bedil, dan Air Terjun Agal. Jika ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, ada baiknya jika kita memiliki sedikit gambaran tentang seperti apa objek wisata ini.


Pertama kita dimulai dari yang paling dikenal orang, Pulau Moyo.
Pulau Moyo berada sejauh 2.5Km disebelah utara Pulau Sumbawa dan dapat ditempuh menggunakan kapal rakyat dari Pelabuhan Muara Kali di Sumbawa Besar selama 2 Jam perjalanan. Pulau eksotis seluas 350 km ini terdiri atas 6 dusun dan dianugrahi oleh sejuta pesona yang mampu menggoda orang untuk berlama-lama disana. Sebut saja panorama garis pantai yang panjang, hamparan pasir putih yang luas terhampar, hirupan udara bersih dan segar, serta suasana yang nyaman dan asri. Beberapa destinasi wisata yang dapat dinikmati begitu menginjakan kaki dipulau ini antara lain Tanjung PasirAir ManisAir Terjun Mata Jitu, Poto Jarum, spot-spot diving, dan lainnya. Fasilitas-fasiltas penunjang wisata pun tersedia lengkap, seperti resort dan penginapan yang hadir dengan berbagai macam pilihan harga. Soal makanan, kita tidak perlu khawatir karena akan banyak sekali menu olahan ikan yang siap untuk dicicipi.


Pulau Moyo dan Air Terjun Mata Jitu
Berada di Pulau Moyo, kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata menarik seperti bermain di Air Terjun Mata Jitu atau dikenal juga sebagai Queen Waterfall, tempat dimana mendiang Putri Diana dari Kerajaan Inggris dulu pernah mandi dan berendam disini. Setelah puas, snorkeling bisa menjadi alternatif berikutnya yang dapat dicoba mengingat keindahan alam bawah laut Pulau Moyo dipenuhi oleh gerombolan terumbu karang dan ikan-ikan kecil warna-warni yang tentu akan sangat sayang apabila dilewatkan. Satu hal yang menarik, keberadaan Taman Nasional di Pulau Moyo juga memungkinkan kita untuk menjajal wisata edukasi dengan memperlajari berbagai macam koleksi flora dan fauna langka yang tersebar seperti rusa, hiu, burung, kelelawar dan sebagainya.
Jika ingin berkunjung ke Pulau Moyo, ada baiknya untuk datang saat musim kemarau tiba. Selain gelombang air laut-nya lebih bersahabat, cuaca yang ada pun sangat mendukung untuk kita dapat mengeksplorasi dan menjelajah keseluruhan pulau tanpa ada satu bagian pun yang terlewat.


Referensi 


Kedua, Kabupaten Sumbawa punya Gili Keramat dan Gili Bedil, duo pulau yang sedang naik daun.
Menyebut kata “gili”, ingatan kita akan langsung tertuju pada trio gili paling terkenal di Lombok yaitu Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. Tetapi siapa menyangka, Kabupaten Sumbawa diam-diam menyimpan gili lain yang tak kalah indahnya. Gili Keramat dan Gili Bedil, duo gili ini sedang naik daun dikarenakan pesona bawah airnya dan telah menjadi perbincangan banyak wisatawan. Berlokasi di Desa Labuhan Padi, Kecamatan Utan, kedua gili ini dapat dicapai dengan menggunakan speed boat yang dapat disewa dari Pantai La Pade.

Gili Bedil, Gili Keramat dan Pesona Bawah Lautnya
Begitu medekati Gili Keramat dan Gili Bedil, kita akan disambut dengan suguhan panorama bawah laut yang sungguh memukau. Deretan terumbu karang dan ikan-ikan kecil dengan mudah dilihat karena perairan disekitarnya begitu jernih. Selain itu, kondisinya pun masih sangat alami dan terjaga sehingga tak heran jika tujuan banyak orang datang kesini adalah untuk snorkeling. Selain itu, kedua gili ini terkenal cukup ikonik dengan pasir putihnya yang membentang sepanjang garis pantai sehingga sangat fotogenik untuk dijadikan sebagai latar foto plesiran.


Referensi 


Terakhir yang tak kalah menarik adalah Air Terjun Agal, salah satu yang tertinggi di Indonesia
Keindahan Air Terjun Agal
Air Terjun Agal yang berada di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 100-200m dan berada di punggung Gunung Agal. Air terjun ini mengalirkan air dari pegunungan yang sangat sejuk dan segar. Membuatnya semakin indah dan menawan, air terjun ini seakan dibalut oleh hijaunya tanaman tropis yang tumbuh dikanan-kiri tebing. Lokasi air terjun ini dapat dicapai dengan berjalan kaki menyusuri hutan selama dua jam dari Desa Marente. Ada baiknya sebelum memulai perjalanan, kita telah menyiapkan cukup bekal makanan dan minuman karena nantinya, kita akan dihadapkan pada medan yang cukup melelahkan dan membutuhkan banyak tenaga ekstra seperti menyeberangi sungai, melintasi lereng, bahkan menerobos rerimbunan pohon. Meskipun demikian, semua pengorbanan yang dilakukan akan segera terbayar begitu kita sampai dan melihat dengan mata kepala sendiri Air Terjun Agal yang tengah gagah berdiri. Guyuran air diselingi cipratan kabut embun tipis akan membuat perasaan lelah hilang seketika. Kita dapat bermain di kolam sekitar air terjun sembari menikmati suasana sunyi yang sangat menenangkan hati.


Referensi

Keterangan:
Tulisan pertama (1 dari 4), Tema: Pariwisata
Tulisan ini diikutsertakan pada lomba “LOMBA BLOG DISPORABUDPAR 2016” Kabupaten Sumbawa. Informasi lengkap mengenai lomba: http://www.sumbawakab.go.id/


Tulisan merupakan hasil karya sendiri dengan konten isi yang diolah dari berbagai sumber referensi yang telah disebutkan. Tampilan terbaik dapat dilihat menggunakan perambaan Opera atau Firefox.


Tambahan dalam video (youtube)
Profil Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat



Destinasi Pariwisata Kabupaten Sumbawa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar