Buka banyak tab browser
Beberapa tahun belakangan ini, belanja online telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini ditandai dengan menjamurnya berbagai macam situs “e-commerce” yang gemar berpromosi dan menjajakan banyak barang dagangan secara online. Keberadaan situs ini tak ayal semakin memberi variasi pada masyarakat dalam memilih untuk belanja dimana. Masing-masing situs biasanya akan berusaha memenuhi selengkap mungkin katalog produk yang mereka tawarkan agar mampu memikat hati para pembeli. Tak jarang, mereka juga menjalankan bermacam strategi pemasaran seperti menggelar diskon atau melempar promo barang dengan harga miring. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk mereka yang kerap belanja. Asal mau membandingkan satu per satu, mereka bisa mendapatakan barang serupa namun dengan selisih harga yang jauh berbeda. Cara umum yang paling sering dilakukan biasanya dengan membuka beberapa tab browser secara bersamaan, kemudian mengetikan kata kunci barang yang dicari. Selanjutnya, mereka bisa membandingkan harga pada masing-masing halaman lalu mencari yang terendah, kemudian membelinya. Terkesan mudah dan sederhana memang, namun jika situs e-commerce yang ingin dibandingkan cukup banyak, 10 macam misalnya, selain menyita banyak sumber daya seperti waktu, tenaga dan pikiran, hal seperti ini pun dapat menghilangkan filosofi “kemudahan” dibalik belanja online itu sendiri.

Penulis sebagai salah seorang yang suka berbelanja online pun mau tak mau harus melakukan komparasi serupa ketika ingin membeli barang. Alasannya sederhana “agar tidak beli kucing dalam karung”, jadi jika ada yang lebih murah, kenapa harus bayar mahal untuk mendapatkan barang serupa. Alhasil waktu itu aku kurang begitu peduli apakah kegiatan ini termasuk efektif atau tidak, yang penting dapat harga murah. Namun, semakin kesini, aku mulai sadar bahwa hal ini terlalu menyita waktu dan cenderung melelahkan. Pasalnya, meskipun merasa sudah melakukan banyak sekali perbandingan harga, namun yang namanya manusia tetap saja ada yang terlewat. Begitu sudah transfer uang, tau-tau ada yang jual lebih murah di situs sebelah. Tentu ini sangat menjengkelkan, seakan-akan semua usaha yang dilakukan sia-sia belaka. Kejadian ini pula yang sedikit membuatku agak malas lagi untuk belanja online. Sampai akhirnya, suatu hari aku dipertemukan dengan Boneprice secara tidak sengaja.

Boneprice, apa itu ?
Boneprice, apa itu? mungkin banyak orang yang merasa masih awam, termasuk juga aku yang kala itu baru pertama kali mendengar namanya. Sekilas jika dilihat, ada dua kata penyusun berbahasa inggris disitu “bone” dan “price”. Bone sendiri jika diterjemahkan menurut oxford dictionaries bisa diartikan sebagai “cut something to the bone” dan jika digabung dengan price maka dapat diartikan sebagai pengurangan sampai harga paling minimum (Boneprice). Setelah melakukan observasi lebih mendalam, baru aku tahu kalau Boneprice sejatinya adalah sebuah platform layanan yang menyediakan informasi terkait harga produk yang dihimpun dari beberapa toko belanja online (e-commerce) sekaligus. Harga yang ditampilkan pun sengaja diurutkan dari tingkat terendah hingga tertinggi agar kita bisa mendapatkan pilihan terbaik dari sekian banyak kemungkinan yang ada. Kita pun tidak perlu risau karena harga yang ada selalu diupdate setiap saat oleh sistem sehingga dapat dipercaya dan terjamin keakuratannya. Jadi sampai disini tebakanku mengenai nama Boneprice tidak terlalu meleset.

Berlanjut pada pengalamanku menggunakan boneprice yang sangat berkesan. Kita akan dimudahkan dengan fleksibilitasnya karena situs ini dapat diakses baik melalui perambaan (web browser) ataupun menggunakan aplikasi. Keduanya sama-sama mudah, namun secara pribadi aku suka memakai aplikasinya karena lebih mobile dan user friendly. Aplikasi ini pun sifatnya tidak berbayar alias gratis dan dapat diunduh secara cuma-cuma di Playstore untuk Android atau App store untuk perangkat Ios.

Antarmuka Aplikasi Boneprice
Pertama membuka aplikasi, kita akan dimanjakan oleh tampilan antarmuka yang simple, fresh, bersih, modern dan minimalis sehingga enak untuk dipandang. Dibagian tengah terdapat kotak pencarian yang dapat dipakai untuk mencari barang-barang yang ingin dibeli. Lalu dibawahnya kita disuguhkan oleh beberapa tren baris kata kunci yang banyak dicari seperti gadget keluaran terbaru dan sebagainya. Jika kita masih bingung ingin membeli barang apa, tenang saja, karena dibawah kolom pencarian, terdapat menu rekomendasi yang telah mengklasifikasikan beberapa barang kedalam beberapa sub item seperti HP Tablet, Komputer, Pakaian dan sejenisnya. Selain itu, ada pula menu weekly hot deal untuk penawaran barang dengan harga terbaik setiap minggu yang tentu sayang untuk dilewatkan. Masih berlanjut di halaman utama, ada beberapa menu lain seperti promosi, seler-seler terbaik, dan smart catalog. Satu hal yang menurutku paling unik dan tidak ditemukan di situs sejenis lain adalah hadirinya berita dan artikel. Hal ini seakan memebri kesan bahwa Boneprice selain ingin memudahkan pengguna dalam berbelanja juga berkomitmen untuk turut menambah wawasan dan pengetahuan seputar informasi dan berita terupdate masa kini. Hal ini tentu menjadi alasan tersendiri kenapa aku betah berlama-lama disitus ini.



Rekomendasi & Hot Deal
Seller-seller terbaik
Berita dan Artikel


Side menu
Mengulik aplikasi lebih dalam, dibagian kiri atas akan dijumpai side menu yang jika diklik akan menampilkan beberapa kategori seperti HP/Tablet, Komputer, Kamera, Multimedia dan lainnya. Misalkan kita ingin mencari handphone, kita hanya tinggal klik HP/Tablet, lalu akan mencul menu, selanjutnya ada muncul beberapa katalog produk yang direkomendasikan oleh Boneprice. Selain itu, kehadiran filter disisi lain akan lebih memudahkan kita dalam memilih produk secara lebih spesifik sesuai dengan kriteria, entah itu harga atau merk.

Sebagai contoh saat aku ingin mencari Samsung Galaxy S7 edge. Aku tinggal mengklik handset itu lalu Boneprice akan memberikan rekomendasi harga termurah yaitu Rp.8.137.500. Kita tak perlu cemas dengan kondisi barangnya karena boneprice secara otomatis akan menampilkan status apakah barang itu baru atau refurbished. Jika harga ini dirasa kurang cocok, kita bisa melakukan perbandingan dari semua mal online yang ada guna mencari harga terbaik. Terkadang kita juga ragu apakah handset yang ingin dibeli memang benar, maka cara satu-satunya adalah dengan melihat spesifikasnya. Kita tidak perlu repot lagi mencari di Google, cukup klik bagian spek, serta bagian review untuk melihat testimoni pengguna yang sudah memiliki handset tersebut. Semakin melengkapi, boneprice menambahkan kolom forum sebagai sarana diskusi untuk membahas secara lebih detail mengenai handset ini, memberi tips dan trik, dan sebagainya. Jika barang dan harga sudah klop, maka kita hanya perlu menekan tombol "ke toko" untuk langsung mengunjungi lapak penjual yang bersangkutan untuk selanjutnya bisa bertransaksi disana. Mudah sekali bukan?


Pencarian Handset, List Harga, dan Tampilan Klik Ke Toko


Spec, Review, dan Forum


Facebook Login
Satu lagi yang tak kalah menarik, sebenarnya kita tidak perlu mendaftar atau login untuk dapat menggunakan seluruh fitur di aplikasi ini. Tetapi untuk lebih mempermudah, Boneprice mewarkan login via facebook sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi mengisi data diri. Meski konsep yang ditawarkan Boneprice terbilang cerdas dan solutif, sebagai pengguna aku dapat memberikan beberapa masukan. Misalnya, kedepan aplikasi sebisa mungkin menambah fitur-fitur agar lebih lengkap seperti pembelian secara langsung didalam aplikasi, serta penambahan smart catalog mengingat jumlah mal online di Indonesia cukup banyak. So far, selama menggunakan Boneprice aku tidak mengalami kesulitan berarti, tampilannya elegan dengan penempatan menu-menu standar yang sangat memudahkan dalam melakukan pencarian. Boneprice sangat membantu dan cocok digunakan bagi mereka yang suka belanja online, selalu cari harga termurah, namun sama sekali nggak pengin ribet. Bagi aku, Boneprice solusi untuk cara mudah cari harga termurah.


Tulisan diikutkan pada lomba blog BPbloggingcompetition
Informasi lengkap, klik dibawah.
Tampilan terbaik dengan perambaan opera/firefox.

 BPblogcompetition



Tidak ada komentar:

Posting Komentar