Kemunculan teknologi 4G LTE membawa
angin pembaharuan bagi dunia telekomunikasi khususnya di Indonesia. Memasuki
penghujung tahun 2015, gaung teknologi dengan berbagai kelebihan yang dibawanya
ini semakin terasa dan menjadi tren baru ditengah masyarakat yang sedang menggandrungi
internet, sehingga akses jaringan cepat dan stabil pun menjadi kebutuhan
utama. Menjawab tantangan ini, beberapa pihak terkait terus berupaya dalam
mewujudkan dan membangun ekosistem 4G LTE. Mulai dari pemerintah yang serius
menggodok regulasi, operator telekomunikasi yang berlomba-lomba memperluas
infrastruktur jaringannya, serta vendor elektronik yang turut ambil peran dalam
menjamin ketersediaan perangkat selular (smartphone) 4G LTE di pasaran.
Saling ketergantungan diantara ketiganya membuat peran masing-masing menjadi
sangat krusial, terutama vendor elektronik yang langsung berhubungan dengan konsumen. Mereka memainkan peranan kunci dan menjadi ujung
tombak terciptanya ekosistem 4G LTE. Salah satu dari sekian
banyak vendor elektronik yang paham dan sadar betul akan peran penting ini
adalah Hisense.
Kemunculan 4G LTE |
Menilik rekam jejaknya, Hisense merupakan
vendor elektonik terbesar di Tiongkok yang telah berdiri sejak tahun 1969 dan berkantor pusat di Qingdao.
Mengawali debutnya sebagai pembuat radio, Hisense berkembang dan kini menjelma sebagai salah satu dari 5 top perusahaan elektronik dunia. Selain memproduksi barang
elektonik rumah tangga (whitegoods), dalam perjalanannya Hisense juga memproduksi
smart tv dan smartphone. Produk-produk berkualitas yang dihasilkannya pun sudah merambah ke berbagai benua seperti
Amerika, Eropa, Australia, Afrika Selatan dan Asia. Sepak terjang Hisense di pasar Asia, khususnya
Indonesia telah dimulai sejak era tv analog dengan masuknya Polytron, kemudian tahun
2009, melalui kerjasama yang apik dengan operator telekomunikasi CDMA Smartfren,
pabrikan ini pun resmi merambah dunia selular Indonesia. Menyandang label
Andromax, produk-produk andalan Hisense menjadi yang paling laris dan banyak
diminati oleh konsumen. Selain harga jual yang murah karena
difokuskan untuk menyasar segmen menengah kebawah, Hisense membekali jajaran
Andromax dengan berbagai keunggulan seperti desain dan spesifikasi mumpuni,
serta ketahanan perangkat yang jauh diatas rata-rata. Tak ayal, smartphone
besutan Hisense pun menjadi primadona dan pilihan utama diantara varian
Andromax lainnya.
Kantor Pusat dan Beberapa Produk Hisense |
Pergeseran tren dan selera konsumen
melalui kehadiran 4G LTE
membawa angin segar bagi Hisense untuk terus berinovasi dan ikut andil dalam membangun
ekosistem ini. Hal itu pula yang menjadi pemicu semangat dan optimisme Hisense
untuk menyelami pasar Indonesia dengan memastikan ketersediaan produk smartphone
4G LTE miliknya. Berbekal reputasi dan nama besar dikancah global serta budaya
perusahaan yang mengutamakan aspek teknologi, kualitas, integritas serta tanggung jawab, membuat Hisense berani mengambil strategi baru dengan menanggalkan
merk Andromax yang selama ini dikenakannya untuk pasar smartphone murah.
Sebagai gantinya, Hisense memperkenalkan brand baru dibawah nahkodanya berlabel
“Pureshot” yang khusus menyasar segmen premium. Strategi ini dinilai tepat, selain dapat memperkuat image Hisense disemua lini pasar, jajaran
perangkat Pureshot pun akan leluasa untuk dioptimalisasi, baik desain,
spesifikasi, hingga user interface yang disematkannya. Proses produksi yang
sepenuhnya dilakukan di dalam negeri pun bukan semata-mata Hisense lakukan untuk
memenuhi aturan pemerintah terkait tingkat kandungan dalam negeri (TKDN)
sebesar 40% bagi perangkat 4G LTE. Lebih dari itu, Hisense menyadari bahwa
Indonesia merupakan pasar smartphone potensial baginya diluar Tiongkok, sehingga
investasi ini akan menguntungkan kedua belah pihak kedepannya. Selain
dapat menyediakan lapangan pekerjaan di Indonesia, Hisense pun memperoleh
jaminan akan ketersediaan perangkat dan dapat menghemat ongkos produksi serta distribusi. Meskipun produksi dalam negeri, namun karena telah
didahului dengan serangkaian penelitian oleh tim R&D Hisense Jakarta
di pasar lokal membuat Pureshot tak diragukan lagi kualitasnya serta cocok dengan karakteristik dan kebutuhan orang Indonesia.
Brand Pureshot dan Proses Produksi Perangkat Hisense |
Mengukuhkan eksistensinya sebagai
top perusahaan elektronik global, Hisense terus melengkapi fasilitas produksi
yang hingga kini telah berjumlah 17 dan tersebar diberbagai negara, serta 7 pusat riset yang
berada di Amerika dan Jerman. Tak ayal, portofolio produk yang dimiliki Hisense
pun memiliki kualitas sama bagusnya, baik itu diproduksi di Indonesia atau
negara lainnya. Kehadiran perangkat 4G LTE khususnya Pureshot pun cukup menunjukan keseriusan Hisense dalam menggarap pasar smartphone 4G LTE, terutama di
Indonesia. Komitmen untuk turut membangun ekosistem 4G LTE melalui
terdistribusinya perangkat pengakses 4G LTE secara luas membuat Hisense gencar
melakukan promosi untuk menjual produknya, baik langsung ditawarkan secara
mandiri (online) maupun dengan menggadeng kembali operator telekomunikasi
untuk sarana pemasarannya.
Fasilitas Produksi dan R&D Hisense |
Demi menjaga
loyalitas konsumen “Andromax” dan menarik lebih banyak orang untuk
ikut menggunakan, menyukai dan merekomendasikan
Pureshot, Hisense memberikan fasilitas pendaftaran garansi online dan mendirikan service center untuk menangani
masalah dan keluhan pelanggan. Fasilitas ini telah tersebar dibeberapa kota besar
seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang dan
lainnya. Agar semakin memanjakan konsumen, Hisense juga menawarkan program pickup service berupa layanan antar jemput
perangkat yang mengalami masalah baik dalam masa garansi maupun habis
garansi yang tentunya dapat menghemat
waktu, uang dan tenaga. Melengkapi pusat informasi, Hisense membuka layanan
call center dan akun media sosial seperti facebook,
instagram, twitter dan youtube yang dapat memberikan gambaran terkait
produk-produk baru yang ditawarkan. Selain itu, Hisense pun membuka forum diskusi
sebagai sarana komunikasi interaktif berbasis komunitas untuk membahas sepak
terjang perusahaan, juga topik-topik hangat seputar teknologi.
Layanan Hisense untuk Menjaga Loyalitas Konsumen |
Kelengkapan layanan yang Hisense
berikan merupakan realisaasi dari misi perushaan untuk andil dalam membangun
ekositem 4G LTE, karena tanpa adanya sinergitas antara vendor elektonik, pemerintah,
dan operator telekomunikasi, bukan tidak mungkin, kehadiran jaringan 4G LTE
yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan mayarakat menjadi sia-sia
tanpa tersedianya perangkat kompatibel seperti Pureshot yang mampu
mengimbangi kecanggihan teknologi 4G LTE. Kedepannya konsumen di Indonesia pun
tidak perlu khawatir akan tingginya harga smartphone 4G LTE karena Hisense
telah mematok produknya dengan harga terjangkau dikelasnya. Sehingga,
hampir semua masyarakat khususnya kalangan menengah atas yang disasar oleh
Pureshot dapat memilikinya.
Harga Pureshot yang Terjangkau di Kelasnya |
Note :
1. Tulisan ini diikutkan pada event "Hisense Writing and Photo Competition 2015" sumber : http://forum.hisense.id/forum.php?mod=viewthread&tid=3817
2. Tampilan terbaik melalui perambaan Mozilla Firefox
Tidak ada komentar:
Posting Komentar