Kemunculan teknologi 4G LTE membawa angin pembaharuan bagi dunia telekomunikasi khususnya di Indonesia. Memasuki penghujung tahun 2015, gaung teknologi dengan berbagai kelebihan yang dibawanya ini semakin terasa dan menjadi tren baru ditengah masyarakat yang sedang menggandrungi internet, sehingga akses jaringan cepat dan stabil pun menjadi kebutuhan utama. Menjawab tantangan ini, beberapa pihak terkait terus berupaya dalam mewujudkan dan membangun ekosistem 4G LTE. Mulai dari pemerintah yang serius menggodok regulasi, operator telekomunikasi yang berlomba-lomba memperluas infrastruktur jaringannya, serta vendor elektronik yang turut ambil peran dalam menjamin ketersediaan perangkat selular (smartphone) 4G LTE di pasaran. Saling ketergantungan diantara ketiganya membuat peran masing-masing menjadi sangat krusial, terutama vendor elektronik yang langsung berhubungan dengan konsumen. Mereka memainkan peranan kunci dan menjadi ujung tombak terciptanya ekosistem 4G LTE. Salah satu dari sekian banyak vendor elektronik yang paham dan sadar betul akan peran penting ini adalah Hisense.

Kemunculan 4G LTE

Menilik rekam jejaknya, Hisense merupakan vendor elektonik terbesar di Tiongkok yang telah berdiri sejak tahun 1969 dan berkantor pusat di  Qingdao. Mengawali debutnya sebagai pembuat radio, Hisense berkembang dan kini menjelma sebagai salah satu dari 5 top perusahaan elektronik dunia. Selain memproduksi barang elektonik rumah tangga (whitegoods), dalam perjalanannya Hisense juga memproduksi smart tv dan smartphone. Produk-produk berkualitas yang dihasilkannya pun sudah merambah ke berbagai benua seperti Amerika, Eropa, Australia, Afrika Selatan dan Asia. Sepak terjang Hisense di pasar Asia, khususnya Indonesia telah dimulai sejak era tv analog dengan masuknya Polytron, kemudian tahun 2009, melalui kerjasama yang apik dengan operator telekomunikasi CDMA Smartfren, pabrikan ini pun resmi merambah dunia selular Indonesia. Menyandang label Andromax, produk-produk andalan Hisense menjadi yang paling laris dan banyak diminati oleh konsumen. Selain harga jual yang murah karena difokuskan untuk menyasar segmen menengah kebawah, Hisense membekali jajaran Andromax dengan berbagai keunggulan seperti desain dan spesifikasi mumpuni, serta ketahanan perangkat yang jauh diatas rata-rata. Tak ayal, smartphone besutan Hisense pun menjadi primadona dan pilihan utama diantara varian Andromax lainnya.

Kantor Pusat dan Beberapa Produk Hisense

Pergeseran tren dan selera konsumen melalui kehadiran 4G LTE  membawa angin segar bagi Hisense untuk terus berinovasi dan ikut andil dalam membangun ekosistem ini. Hal itu pula yang menjadi pemicu semangat dan optimisme Hisense untuk menyelami pasar Indonesia dengan memastikan ketersediaan produk smartphone 4G LTE miliknya. Berbekal reputasi dan nama besar dikancah global serta budaya perusahaan yang mengutamakan aspek teknologi, kualitas, integritas serta tanggung jawab, membuat Hisense berani mengambil strategi baru dengan menanggalkan merk Andromax yang selama ini dikenakannya untuk pasar smartphone murah. Sebagai gantinya, Hisense memperkenalkan brand baru dibawah nahkodanya berlabel “Pureshot” yang khusus menyasar segmen premium. Strategi ini dinilai tepat, selain dapat memperkuat image Hisense disemua lini pasar, jajaran perangkat Pureshot pun akan leluasa untuk dioptimalisasi, baik desain, spesifikasi, hingga user interface yang disematkannya. Proses produksi yang sepenuhnya dilakukan di dalam negeri pun bukan semata-mata Hisense lakukan untuk memenuhi aturan pemerintah terkait tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40% bagi perangkat 4G LTE. Lebih dari itu, Hisense menyadari bahwa Indonesia merupakan pasar smartphone potensial baginya diluar Tiongkok, sehingga investasi ini akan menguntungkan kedua belah pihak kedepannya. Selain dapat menyediakan lapangan pekerjaan di Indonesia, Hisense pun memperoleh jaminan akan ketersediaan perangkat dan dapat menghemat ongkos produksi serta distribusi. Meskipun produksi dalam negeri, namun karena telah didahului dengan serangkaian penelitian oleh tim R&D Hisense Jakarta di pasar lokal membuat Pureshot tak diragukan lagi kualitasnya serta cocok dengan karakteristik dan kebutuhan orang Indonesia.

Brand Pureshot dan Proses Produksi Perangkat Hisense

Mengukuhkan eksistensinya sebagai top perusahaan elektronik global, Hisense terus melengkapi fasilitas produksi yang hingga kini telah berjumlah 17 dan tersebar diberbagai negara, serta 7 pusat riset yang berada di Amerika dan Jerman. Tak ayal, portofolio produk yang dimiliki Hisense pun memiliki kualitas sama bagusnya, baik itu diproduksi di Indonesia atau negara lainnya. Kehadiran perangkat 4G LTE khususnya Pureshot pun cukup menunjukan keseriusan Hisense dalam menggarap pasar smartphone 4G LTE, terutama di Indonesia. Komitmen untuk turut membangun ekosistem 4G LTE melalui terdistribusinya perangkat pengakses 4G LTE secara luas membuat Hisense gencar melakukan promosi untuk menjual produknya, baik langsung ditawarkan secara mandiri (online) maupun dengan menggadeng kembali operator telekomunikasi untuk sarana pemasarannya. 

Fasilitas Produksi dan R&D Hisense
Demi menjaga loyalitas konsumen “Andromax” dan menarik lebih banyak orang untuk ikut menggunakan, menyukai dan merekomendasikan Pureshot, Hisense memberikan fasilitas pendaftaran garansi online dan mendirikan service center untuk menangani masalah dan keluhan pelanggan. Fasilitas ini telah tersebar dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang dan lainnya. Agar semakin memanjakan konsumen, Hisense juga menawarkan program pickup service berupa layanan antar jemput perangkat yang mengalami masalah baik dalam masa garansi maupun habis garansi yang tentunya dapat menghemat waktu, uang dan tenaga. Melengkapi pusat informasi, Hisense membuka layanan call center dan akun media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan youtube yang dapat memberikan gambaran terkait produk-produk baru yang ditawarkan. Selain itu, Hisense pun membuka forum diskusi sebagai sarana komunikasi interaktif berbasis komunitas untuk membahas sepak terjang perusahaan, juga topik-topik hangat seputar teknologi.

Layanan Hisense untuk Menjaga Loyalitas Konsumen

Kelengkapan layanan yang Hisense berikan merupakan realisaasi dari misi perushaan untuk andil dalam membangun ekositem 4G LTE, karena tanpa adanya sinergitas antara vendor elektonik, pemerintah, dan operator telekomunikasi, bukan tidak mungkin, kehadiran jaringan 4G LTE yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan mayarakat menjadi sia-sia tanpa tersedianya perangkat kompatibel seperti Pureshot yang mampu mengimbangi kecanggihan teknologi 4G LTE. Kedepannya konsumen di Indonesia pun tidak perlu khawatir akan tingginya harga smartphone 4G LTE karena Hisense telah mematok produknya dengan harga terjangkau dikelasnya. Sehingga, hampir semua masyarakat khususnya kalangan menengah atas yang disasar oleh Pureshot dapat memilikinya.

Harga Pureshot yang Terjangkau di Kelasnya


Note :

1. Tulisan ini diikutkan pada event "Hisense Writing and Photo Competition 2015" sumber : http://forum.hisense.id/forum.php?mod=viewthread&tid=3817
2.  Tampilan terbaik melalui perambaan Mozilla Firefox


Tidak ada komentar:

Posting Komentar