Tips menang lomba blog


Dear Bloggers, ketemu lagi dengan gue yang kali ini mau ngebahas gimana sih kiat-kiat buat menangin lomba blog. Pastinya sobat, khususnya kuis hunter udah sering dong ikutan lomba ngeblog, nah yang jadi pertanyaan apakah udah pernah menang ?, kalau belum, kasihan hehe. Sebenernya gue juga baru menang sekali sih, tapi belajar banyak dari situ, lantas gue menyimpulkan bahwa beberapa tips berikut sekiranya bisa ngebantu sobat semua yang memang niat banget menangin lomba blog. Ups, ini belum tentu 100% benar, tapi sepengamatan saya, insyaallah peluang buat menanginnya lebih gede, so lets chechk it out .


Pertama tentu aja cari informasi mengenai lomba yang sedang berlangsung, masa mau ikutan lomba ngeblog, tapi gak ada yang nyelenggarain, kan lucu banget. Nah, bagi yang bingung nyarinya dimana, tenang aja, ada mbah google yang siap ngebantuin, tinggal ketikan “lomba blog, atau kuis blog” diikuti bulan dan tahun, misalnya “kuis blog oktober 2015” pasti bakal langsung muncul list lomba blog yang lagi tayang.


Perhatikan tema (opsional), maksudnya gimana ?. Gini gue jelasin, setiap bloggers pasti punya preferensi tulisan masing-masing dong, ada yang suka nulis tentang teknologi, life style, fashion dsb. Nah, saran gue sih, kalau sobat slebih suka nulis tema teknologi ya ambil lomba blog yang mengangkat topik itu, selain lebih menguasai, kita pun bisa berimprofisasi sehingga tulisan yang kita buat benar-benar mengalir dan enak di baca alias gak kaku. Jangan paksain misalkan kita suka tekno tapi nulis tentang fashion, pasti hasilnya gak maksimal. Pun begitu bagi yang suka tantangan sih silahkan saja di coba.


Perhatikan Terms & Condition. Nah disini nih yang bikin banyak peserta gugur, biasanya masing-masing lomba blog itu punya syarat dan ketentuan masing-masing, tapi sayangnya, peraturan ini suka gak diperhatiin, misalnya, kita disuruh pakai bahasa indonesia yang baik dan benar, maka gunakan lah bahasa yang baik dan benar pula, jangan bahasa gaul loe-gue. Selain itu perhatikan pula tanda baca, typo, dan variasi penggunaan kalimat. Ada orang yang suka nulis pakai kata “Aku” nya banyak banget, satu paragraf bisa sampai 10 “Aku”, kan bosen yang bacanya. Selain itu, kalau memang dituntut memakai gaya bahasa sendiri, ya berimprovisasi lah yang keren. Terus, jika diminta pasang banner di side bar, ya dipasang dong, jangan malah ditaruh di dalam postingan. Perhatikan juga apakah kita musti follow akun-akun penyelenggara, mesti ngeshare tulisan atau gak !.


Pastikan bahwa lomba yang sobat ikutin itu bukan kontes SEO, atau kontes blog tapi banyak-banyakan komen, kalau menurut gue, capek sendiri ikutan kontes macam itu, toh peluangnya juga gak gede-gede amat, kecuali kalau lo emang autis atau lo selebritis yang bisa mendatangkan lini masa sebanyak banyaknya dalam waktu sesingkat-sigkatnya.


Oh ya, bisa juga sih pakai sapaan pembuka plus penutup, bayangin deh, kalau juri yang nilai tulisan kita terus ngebaca sapaan atau salam kita, pasti enak kan dari pada yang langsung nyelonong tanpa permisi haha. Tapi ini hanya untuk kontes blog dengan situasi tertentu saja, kalau memang dimintanya yang resmi ya langsung aja to the point, dari latar belakang uraian masalah, pembahasan, sama konklusinya haha.

Oke segitu dulu ya, nanti gue sambung lagi di next postingan. Salam ngeblogs !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar