Peralihan dari feature phone ke smartphone
Menilik beberapa tahun kebelakang, pasar smartphone terjangkau di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan besarnya animo masyarakat yang ingin mengganti feature phone mereka dengan ponsel pintar, terutama setelah booming-nya OS Android yang kini menjadi primadona. Pada awal kemunculannya, pasar smartphone ini lebih banyak diisi oleh para pemain lokal, dimana perangkat yang ditawarkan memiliki keterbatasan pada spesifikasi, fitur dan varian yang seadanya. Hal itu dapat dimaklumi mengingat perangkat tersebut lebih ditujukan untuk konsumen pemula yang baru memakai smartphone pertama kalinya.

Namun sejalan perkembangannya, keberadaan smartphone terjangkau tidak hanya menarik minat para pemula saja, tetapi juga sebagian besar masyarakat Indonesia. Akibatnya, permintaan pasar akan smartphone berharga murah ini pun terus meningkat. Kondisi seperti ini memaksa vendor selular global yang sebelumnya banyak bermain disegmen premium untuk turut meramaikan ceruk pasar menengah yang terlebih dahulu diisi pabrikan lokal, yaitu dengan mengeluarkan lini smartphone yang mampu bersaing, terutama dari segi harga jualnya.


Persaingan ketat disegmen smartphone terjangkau ini membuat vendor harus terus-menerus berinovasi setiap menelurkan produk barunya. Pasalnya, pada rentang harga yang sama, masyarakat Indonesia kini dimanjakan oleh banyaknya pilihan yang tersedia. Sehingga, untuk dapat menjadi pemain utama, sebuah vendor wajib memiliki smartphone apik dengan spesifikasi diatas rata-rata. Salah satu vendor yang cukup jeli membaca situasi ini adalah ASUS. Setelah sukses dengan seri ZenFone 2 yang menyasar kalangan menengah atas, pabrikan ponsel asal taiwan ini kembali mengeluarkan varian lain melalui ASUS ZenFone 2 Laser yang khusus dipersiapkan untuk membidik segmen pasar smartphone terjangkau. Digadang sebagai penantang utama dikelasnya, ASUS membekali ZenFone 2 Laser dengan berbagai kelebihan agar membuatnya tampil beda seperti desain elegan, spesifikasi gahar, hingga fitur-fitur unik sebagai daya tarik.
 
Varian ASUS Zenfone 2 Laser

ZenFone 2 laser ini didesain mengikuti kaidah keluarga ZenFone pendahulunya dengan bentuk ikonik dan egronomis serta telah membawa berbagai perbaikan dari model sebelumnya. Sebagai contoh, ASUS memangkas ketebalan perangkat menjadi hanya 3.5 mm, mejadikannya ringan dan mudah ditempatkan dimana saja. Selain itu, bentang layar IPS HD seluas 5 inch dengan teknologi ASUS TruVivid dan dilengkapi Corning Gorilla Glass 4 terbaru, membuat tampilannya begitu tajam dan enak untuk dipandang mata. Rasio layar berbanding badan perangkat yang mencapai 70% juga membuat perangkat ini nyaman tatkala digenggam. Hebatnya lagi, layar perangkat ini juga dibekali teknologi ultra sensitive touch yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengoperasikan layar walaupun memakai sarung tangan. Semakin membuatnya sempurna, ASUS menambah ZenMotion support Touch dan Motion Gesture agar pengguna bisa membuka atau mengunci layar dengan sentuhan tapping saja. Baru sejauh ini saja, perangkat besutan ASUS ini telah mengungguli para pesaingnya, karena pada rentang harga yang sama, jarang sekali ditemui smartphone terjangkau yang dilengkapi teknologi kelas atas seperti pada ZenFone 2 Laser

Berbagai Teknologi di ASUS Zenfone 2 Laser


Spesifikasi ASUS Zenfone 2 Laser
Membuktikan diri sebagai penantang utama di segmen pasar smartphone terjangkau, ASUS membenamkan Zenfone 2 Laser dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang jauh diatas vendor lain dapat lakukan dengan smartphone-nya. Sebut saja sistem operasi Android terbaru Lolipop, prosesor 64bit Qualcom Snapdragon 410 berkecepatan 1,2 Ghz, sokongan ram 2 Gb yang lebih dari cukup untuk mengeksekusi bemacam aplikasi sekaligus, serta memori internal berkapasitas 8/16 Gb yang dapat diekspansi dengan MicroSD hingga 128Gb sebagai media penyimpanan. Selain itu, baterai yang diusung pun tergolong besar dengan kapasitas 2070 mAh membuatnya tahan lama hanya dalam sekali pengisian daya.


Sektor kamera dan fitur-fitur di dalamnya
Disektor fotografi, ASUS ZenFone 2 Laser mengusung kamera 8 Mp dibagian belakang dan 5 Mp dibagian depan. Meskipun besaran pixel relatif sama seperti para pesaingnya, namun berkat kehadiran teknologi Pixel Master pada ZenFone 2 Laser membuat foto dan video yang dihasilkan jauh lebih terang hingga 4 kali lipat dari kamera biasa, terutama pada malam hari atau kondisi kurang cahaya. Hasil foto pun dapat dimaksimalkan berkat adanya fitur pengaturan seperti Mode Manual, Zero Shutter Lag, Super HDR yang berguna untuk pengambilan gambar backlight, dan Super Resolution agar kualitas foto yang disajikan memiliki detail tinggi hingga resolusi 32 Mp. Spesifikasi kamera depan pun tak kalah kualitasnya karena telah dilengkapi angle luas yang memungkinkan pengguna untuk dapat selfie dengan mode panorama. Guna memaksimalkan fungsi selfie, ASUS juga menempatkan sebuah tombol kendali intuitif dibagian belakang agar pengguna dapat leluasa menggambil fonto tanpa perlu memikirkan tangan mana yang akan digunakan.


Otofokus Laser di Zenfone 2 Laser
Satu hal yang paling menarik disektor kamera adalah nama “Laser” yang disandangnya. Penamaan itu bukan sekedar "gimcik", melainkan representasi dari teknologi terbaru ASUS bernama otofokus laser yang berguna saat pengambilan foto agar lebih jernih. Kelebihan “laser” di ZenFone 2 Laser yaitu dapat mengukur jarak pada kecepatan cahaya serta mampu menerjemahkan fokus hanya dalam waktu 0.2 detik, terutama pada kondisi sedikit cahaya. Otofokus laser juga dapat diandalkan untuk mempercepat proses foto untuk close up maupun obyek jarak jauh. Teknologi seperti ini tentu tak dapat dihadirkan oleh smartphone lainnya yang hanya membanggakan besaran mega pixel saja tanpa diimbangi kualitas foto yang dihasilkannya, tentu hanya ASUS ZenFone 2 laser saja yang bisa.


Sonic Master dan Audio Wizard
Berlanjut pada sektor multimedia, siapa bilang jika semua smartphone berharga terjangkau payah dan tak bisa diandalkan ?, buktinya, tampil beda dari para pesaingnya, ASUS begitu meperhatikan sisi multimedia diseriap perangkat besutannya. Melalui ZenFone 2 Laser, ASUS membekalinya dengan kemampuan untuk memutar beragam format audio seperti MP3, AAC, hingga FLAC yang umumnya hanya ditemukan pada perangkat music player khusus, serta Xvid, DiVX, hingga MPEG-4 beresolusi 1080p untuk Video. ASUS menyematkan teknologi Sonic Master ditambah ASUS Audio Wizard agar suara yang dihasilkan terdengar jernih serta memberikan pengalaman audio terbaik besdarasarkan penggunaan apakah Movie Mode, Gaming Mode, Keynote Mode, Music Mode dan Smart Mode.

 
Mengokohkan diri sebagai penantang utama dikelasnya, ASUS menyiapkan ZenUi terbaru pada ZenFone 2 Laser yang membuatnya unik dan menarik bila dibandingkan perangkat pesaingnya. Antarmuka ini membuat tampilan ZenFone 2 Laser terlihat lebih personal, mudah, cerdas, serta mampu mengekspresikan dan memenuhi kebutuhan penggunanya. Beberapa fitur andalan pun terpasang pada ZenUi seperti Customable Font berguna untuk mengganti font sesuai selera, Zen Motion yang mampu menjalankan aplikasi hanya dengan sebuah gesture pada layar, Snap View yang dapat memisahkan antara konten kerja dan personal, dan lain sebagainya.

ZenUi

Berbekal desain, spesifikasi dan fitur yang jauh meninggalkan para pesangnya, serta banderol harga murah dikisaran Rp. 1.849.000 (2GB RAM/8GB Storage) dan Rp. 1.999.000 (2GB RAM/16GB Storage), membuatnya terjangkau dan mampu menarik minat sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya kelas menengah. Oleh karenanya, kehadiran ASUS Zenfone 2 Laser secara nyata bukan hanya sebagai penantang utama saja, namun juga jawara di pasar smartphone terjangkau di Indonesia.


 -----------------------------------------------------------------------------------


PS : Artikel ini diikutsertakan pada event blogger writing competition ASUS Zenfone 2 Laser yang info lengkapnya bisa dibaca di forum zentalk :
http://www.asus.com/zentalk/in/forum.php?mod=viewthread&tid=51550&extra=page%3D1 . Tampilan terbaik dapat dilihat menggunakan perambaan Mozilla Firefox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar