Sebagai seorang super blogger sejati sedari 4 tahun lalu, sejujurnya gue bingung  mau jawab apa ketika Emak Gaul nanya “Apa sih yang bakal lu kejar dalam kegiatan nge-blog lu”. Tapi baiklah, akan coba gue jawab, ibaratnya kaya ujian sekolah aja ya, bisa gak bisa yang penting ada isinya, walaupun ngarang bebas, siapa tahu Mbak Emak Gaoel bakal ngasih salah satu Smartfren Andromax-nya buat gue, aminin aja deh, semoga beruntung.


Oke sedikit flashback biar ceritanya kayak di sinetron-sinetron gitu, pertama kali gue nge-blog itu pas awal masuk kuliah, waktu itu gue pake macem-macem platform mulai dari Blogger, Wordpress, Tumblr, Weibo, dan Live Journal. Saking banyaknya, terkadang sampe lupa username sama passwordnya, dan ketika udah inget, giliran gue pusing mau nge-posting apa. Alhasil, mayoritas “fosil” di blog lama isinya kalau enggak artikel kopas (kopi-paste) yang dicomot sembarangan tanpa ijin si-empunya, sisanya gue jejalin sama curhatan-curhatan galau gak jelas yang kalau dibaca ulang kadang suka bikin ketawa dan maksa gue buat bilang “Ih najis banget postingannya, apaan sih ini ?" haha. Bodohnya, hal-hal semacam itu terus gue lakuin sampai akhirnya sadar kalau lama-lama itu blog udah mirip tempat sampah. Klimaksnya, entah karena pengin fokus atau sekedar alibi agar postingan laknat itu tidak tersebar, beberapa blog sengaja gue hapus dari peredaran dunia maya. Sisanya tinggal blog ini, ini, dan student blog yang gue dapet sewaktu jadi mahasiswa.


Ilustrasi Curhatan Galau

Memang benar yang orang-orang bilang, seiring berjalannya waktu, pengalaman yang didapat itu bisa mendewasakan seseorang, begitu pula yang gue alami sekarang. Enggak mau dong gue terus-terusan jadi blogger amatiran, setidaknya gue belajar dikit-dikit jadi blogger profesional. Beberapa yang gue lakuin misalnya bikin tulisan orisinil, meskipun topiknya terkesan ringan dan sepele seperti sharing musik kesukaan, rangkuman jalan-jalan, atau sekedar cerita lucu tentang teman sewaktu dulu di kosan, yang penting gue bisa “produce my own creative thing”, siapa tahu kan gue punya bakat terpendam buat jadi penulis (jadi malu hehe).


Now, I Can Produce My Own Creative Thing

Nah kembali ke topik bahasan utama tentang “apa yang sedang gue kejar melalui nge-blogging ini”, gue punya 2 target yang ingin dicapai yaitu target umum dan spesifik. Secara umum gue pengin memanfaatkan waktu luang yang sekarang gue punya 24 jam sehari (maklum jobseeker), setengahnya bakal gue habisin buat nulis supaya blog ini tetep eksis, paling tidak 5 artikel berkualitas harus gue posting setiap minggunya bulannya. Selain itu, alasan gue nulis blog juga dikarenakan kepercayaan yang gue anut bahwa “jika suatu saat kita mati tanpa meninggalkan jejak (tulisan), sudah pasti sejarah akan melupakan kita dengan mudahnya”. Sedangkan target spesifiknya, gue terinspirasi banget sama perkataan ulama besar Islam, Imam Al-Ghazali yang pernah bilang bahwa “Kalau kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”. Lama banget buat gue ngerenungin ucapan itu sampai akhirnya muncul sebuah pemikiran bahwa menjadi penulis itu nggak butuh modal banyak atau mesti punya background keluarga yang “terpandang dan disegani”, tapi siapa pun yang berani bermain-main dengan akal pikirannya, sudah tentu Ia bisa menjadi penulis. Singkat dan "to the point" aja, dengan menulis kita gak perlu ngeluarin banyak duit untuk bisa dapetin duit, tetep ya UUD alias ujung-ujungnya duit. Maka sekarang gue niatin banget kalau kegiatan nge-blogging ini sebisa mungkin harus ngehasilin duit baik langsung maupun tidak langsung, caranya tentu dengan mengikuti berbagai macam kontes blog seperti ini. 


Biar Gambar Berbicara

Berbekal pengalaman menang sekali di kontes blog bikin semangat gue berapi-api untuk mengulang kesuksesan serupa. Memang sih saingannya banyak, namun gue harus optimis, karena akan lebih baik mencoba walaupun gagal ketimbang berandai-andai lantas akhirnya menyesal. Gue yakin, setiap hal yang kita lakukan akan bernilai pembelajaran dan bisa membuat seseorang menjadi pribadi lebih baik jika tidak bisa dikatakan sempurna. Guna mencapai target khusus ini, gue bela-belain searching “info lomba blog” berjam-jam, terus cari inspirasi dan data referensi buat nulis artikel, lanjut posting diblog dan tanpa lupa diselipi doa, whatever I do I Just GO FOR IT, gak peduli badan capek, mata bengek, tangan remuk redam bak rempeyek, asal bisa bikin tulisan bagus dan syukur-syukur menang, itu lebih dari sebuah penghargaan tersendiri buat gue.


Meski Badan Capek, Tulisan Bagus Musti Dibikin Terus


Terakhir, menjawab lagi pertanyaan Emak Gaoel, aplikasi apa yang dipakai dalam membuat tulisan ini, well disini gue pakai MS.Word 2013 buat ngetik, Photoshop buat edit gambar. Sisanya aplikasi perambaan Opera Mini Android buat browsing info lomba, dan Firefox atau Aplikasi Blogger Android yang bisa dipakai buat posting/editing tulisan !


Aplikasi yang Dipakai Dalam Membuat Tulisan

PS : 

#1 Tulisan ini diikut sertakan pada Go For It Blog Competition yang diadakan oleh Emak Gaoel dan Smartfren . Untuk informasi lengkap mengenai kompetisi ini, bisa kunjungi langsung tautan : http://www.emakgaoel.com/2015/09/blog-competition-go-for-it-with-blog.html atau follow twitter Emak Gaoel  @windakrisnadefa dan like fanpage Emak Gaoel , serta di twitter @smartfrenworld dan like fanpage smartfren. Terimakasih Mak & Smartfren, semoga tulisan gue bisa menginspirasi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan dan bisa menjadi salah satu pemenangnya, amin. 

#2 Seluruh gambar ilustrasi gue ambil dari Google.com, dan diedit seperlunya agar menyesuaikan alur tulisan dengan menggunakan Adobe Photoshop CC.

#3 Happy Blogging :)

Go For It Blog Competition
http://www.emakgaoel.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar