Melakukan perjalanan bukan sekedar liburan yang isinya hanya bersenang-senang sembari menghamburkan uang. Melainkan, perjalanan bagiku adalah sebuah proses pendewasaan yang mampu membuatku melihat dunia dan menyadari bahwa tuhan menciptakan segala sesuatunya begitu sempurna. Kesempurnaan ini jelas tergambar dari adat-istiadat dan budaya masyarakat, serta keindahan alam yang berbeda antara satu tempat dengan yang lainnya. Dalam satu Pulau Jawa saja kita akan menjumpai dengan mudah perbedaan antara Jawa dan Sunda, belum lagi jika menyebut Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Muluku, dan lainnya yang tentunya akan semakin menambah keanekaragaman adat istiadat dan budaya yang selama ini menjadi ciri khas dan daya tarik nusantara.


Ilustrasi Kenakeragaman Adat Istiadat dan Budaya di Nusantara
 Sumber : Klik


PERSIAPAN

Pada dasarnya, sebelum memutuskan untuk memulai perjalanan, kita harus menyiapkan berbagai macam hal yang dibutuhkan agar segala sesuatunya berjalan sesuai rencana. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pilihan tempat dan akses menuju destinasi yang diinginkan. Di era teknologi digital seperti sekarang ini, kita tidak perlu lagi membeli buku panduan atau susah payah bertanya pada orang lain mengenai informasi tempat wisata karena segala sesuatu yang dibutuhkan bisa kita dapatkan hanya dengan pencaian di internet. Tinggal ketikkan kata kunci seperti “Wisata Yogyakarta” pada mesin pencari, maka ribuan sureal akan muncul dan memberikan beragam informasi mengenai tempat wisata di sana dan panduan lengkap untuk menjangkaunya. Ada baiknya, agar proses pencarian semakin mudah tanpa memebuang banyak waktu untuk menunggu proses loading halaman yang terlalu lama, koneksi internet cepat sekelas 4G LTE Advance mutlak dimiliki sebagai solusinya. Berbicara teknologi 4G LTE Advance, satu-satunya operator yang dapat kita andalkan di Indonesia hanyalah Smartfren, selain luas jangkauannya,  kecepatan data yang ditawarkan pun mampu menembus 300Mbps, hampir 2X lipat dari opertor lainnya yang hanya mengandalkan 4G LTE saja.


Informasi yang didapat dengan mengetikan "Wisata Yogyakarta"

Setelah mendapatkan informasi tempat wisata di Yogyakarta dan akses menuju kesana, langkah selanjutnya adalah menyiapkan barang bawaan seperlunya, dan memesan tiket kereta. Moda transportasi itu dipilih selain karena harganya yang murah, suguhan pemandangan yang disajikan tak pelak memanjakan mata para penumpangnya.  Sekali lagi, internet memudahkan segalanya, tanpa perlu capek-capek membelinya di stasiun kereta, kita bisa memesan tiket tersebut secara online melalui aplikasi KAI Access hanya dari layar smartphone yang dipunya. Jika sudah begini, satu-satunya yang dibutuhkan adalah akses internet Smartfren 4G LTEAdvance yang cepat dan stabil untuk selalu memastikan bahwa tiket yang kita inginkan masih tersedia.


Aplikasi KAI Access
 Sumber : Klik


MENIKMATI PERJALANAN

Setelah persiapan selesai, kini tiba saatnya untuk memulai perjalanan. Meskipun sendirian, asalkan ada smartphone di tangan, tak ubahnya seperti teman yang selalu siap meramaikan. Saat di kereta, melihat bentang alam melalui jendela adalah pilihan utama, tetapi jika bosan melanda, smartphone adalah pelarian terbaik yang dipunya jika kita enggan memulai pembicaraan dengan penumpang lain yang tidak dikenali sebelumnya. Beruntungnya, kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran telah dilengkapi fitur multimedia sehingga bisa kita gunakan untuk mendengarkan musik, memutar video, bermain game, membaca berita, bahkan untuk update status lewat social media. Semuanya dapat kita lakukan secara bersamaan, apalagi jika perangkat yang dipunya memiliki spesifikasi mumpuni seperti layar lebar, ram besar, dan prosesor cepat layaknya beberapa jajaran smartphone Andromax R, Q, Qi, Es dan Ec. Selain memenuhi kriteria yang disebutkan, kelimanya juga telah mendukung akses internet cepat berbasis 4G LTE Advance yang dapat membuat aksi streaming musik dan video lancar jaya tanpa ada jeda.

Smartfren Andromax yang memenuhi segala kriteria
Sumber : Klik
 
Setelah sampai di tempat tujuan, waktunya menikmati atraksi yang disajikan. Pemandangan alam, tarian, kuliner, situs cagar budaya, serta keramah-tamahan menjadi hal wajib yang tak boleh dilewatkan dan harus selalu diabadikan. Untuk mengakomodasinya, kita tak perlu repot menenteng digital kamrea, pasalnya dengan resolusi sebesar 5 – 8 Mp saja, kamera di smartphone seperti pada Smartfren Andromax R, Q, Qi, Es dan Ec sudah dapat menghasilkan gambar berkualitas untuk sekedar di bagikan kepada teman-teman lewat situs sosial media. Agar proses upload gambar tidak terkendala, konseksi intenet cepat ala 4G LTE Advance lagi-lagi menjadi andalan utama. Kecepatan upload yang super cepat membuat aksi unggah puluhan atau bahkan ratusan photo perjalanan menjadi sekedipan mata saja.


Internet cepat 4G LTE Advance menjadi andalan
Sumber : Klik


EKSPLORASI

Bagi yang menyukai eksplorasi, pergi ketempat-tampat baru yang jarang dikunjungi orang tentu menjadi tantangan tersendiri seperTi yang telah aku lakukan di Yogyakarta. Selang 2 jam melintasi gunung kidul yang mempesona, bus yang ditumpangi membawaku tiba di sebuah pantai terkenal bernama  kukupan. Gulungan ombak dan semilir angin yang silih berganti menjadikannya perpaduan sempurna. Pun begitu, hasrat hati yang senantiasa ingin bereksplorasi membuatku nekat melintasi sebuah bukit yang membentang di bagian kiri pantainya. Secara tak sengaja pula, aku menemukan surga berupa pantai kecil berpasir putih yang tersembunyi dan mampu membuatku terpana. Sejenak menikmati keindahan yang ada, aku pun beranjak, alih-alih melangkahkan kaki, aku malah berfikir bagaimana caranya untuk kembali ketempat semula. Apakah aku akan tersesat ?, tentu saja tidak, adanya GPS di smartphone pun menjadi satu-satunya pemandu yang bisa kupercaya. Apalagi jika dibarengi dengan akses intenet cepat 4G LTE Advance yang semakin memaksimalkan fungsinya dalam mencari tahu lokasi dimana diriku berada.


Eksplorasi Pantai Tersembunya
Sumber dokumen pribadi diambil dari klik


I WILL GO FOR IT

Setelah kembali ke pusat kota, malam harinya kuhabiskan waktu dengan menyantap makanan lesehan dan berbelanja baju batik murah di  daerah Malioboro. Menutup sesi perjalanan, tidak lupa kutelepon keluarga sembari mengabari mereka bahwa perjalananku di Yoyakarta sungguh menyenangkan. Apalagi jika didukung smartphone Andromax canggih dan internet cepat ala Smartfren 4G LTE Advance, perjalanan liburan pun tak sebatas menyenangkan tapi juga menakjubkan. So on the next trip, I will #GoForIt and try it by myself!


Smartfren 4G LTE Advance, #GoForIt
Sumber : Klik

PS : Tuisan ini disertakan pada lomba blog yang diadakan oleh blogdetik dan PT Smartfren Tbk, Informasi mengenai detail lomba bisa diakses pada halaman ini : http://blog.detik.com/lombablog-smartfren4g/index , sedangkan informasi mengenai layanan Smartfren 4G LTE Advance dan Smartfern Andromax 4G  yang banyak disinggung dalam tulisan ini dapat diakses pada : http://www.smartfren.com/4g/

Akhir kata, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar