Sim A dan C

Ceritanya, karena kebutuhan, aku putuskan untuk membuat sim A dan C. Sebenernya aku males juga sih ngurusin hal-hal macem ini, soalnya orang-orang bilang kalau bikin sim itu prosesnya ribet dan panjang banget. Belum lagi masalah test mengendarai mobil atau motor yang katanya susah minta ampun dan bakal di persulit sama pengujinya. Duh nyaliku ciut mendapati gambaran semacam itu, banyak yang nyaranin udah "tembak" aja, tinggal poto gak pakai ribet. Tapi gimana ya, duh galau juga sih. Dosa nggak ya ?, kayaknya sih dosa dah.


Awal Agustus aku pergi ke Kantor Satlantas Purwokerto, lokasinya ada disebelah tugu. Kalau naik angkutan umum, mending turun di terminal purwokerto aja, habis itu nyambung angkot D-02 kalau nggak salah, terus turun didepan satlantas, bayarnya cuma 4000 perak, murah meriah. Waktu itu aku sampai sekitar jam 9, tapi yang antri udah banyak banget, 1 ruangan penuh, pada mau bikin sim semua kali haha.

Nah karena ke"polosanku" aku nggak tahu gimana sih prosedur bikin sim, tapi untungnya ada mba-mba polcan alias polisi cantik yang nyambi jadi tukang jaga, jelasin tuh prosedur-nya. Jadi gini prosedur bikin sim cara normal :

1. Uji KIR (kesehatan bukan ya ?), lokasinya tepat disebelah pintu masuk Satlantas Purwokerto. Nah disini kita musti bayar Rp.50.000, gak ada pemeriksaan kesehatan sama sekali, cuma ditanyain ktp doang, mau bikin sim apa, abis itu diketak ketik, foto dan sidik jari, udah. Dapet deh surat KIR nya.

2. Foto Copy KTP 2 lembar + Map Biru. Nah ini harusnya disiapin dari rumah kali ya, soalnya kalau fotocopy di satlantas mahal banget, masa segitu aja abis 6000, halah, lha wong fotocopy paling 500/ 2 lembar. Tukang foto copynya kebelet naik haji kali ya.

3. Masuk ke ruangan, pergi ke loket, bayar, dan ujian sim, habis itu foto cantik buat sim deh. (selengkapnya lewat cara normal bisa baca di blognya mas cakpoer ya https://cakpoer.wordpress.com/2012/09/25/share-mengurus-pembuatan-sim-c-baru-purwokerto/ )

Eits, kok no 3 singkat banget ?, Iya hihi, soalnya aku nggak tahu gimana detailnya. Jadi gini ya, udah jadi rahasia umum kalau yang gak pengin ribet, kita bisa nembak sim berdasakan pengalaman teman, saudara, dan orang-orang lain. Di no 2, pas kita mau fotocopy, kita akan ditawarin "bikin sim lewat jalan tol" sama tukang fotocopy + ada pak polisi disitu juga. Well, bayarannya mayan mahal, bisa buat nonton Martin Garrix !. Jadi buat sim A itu 650.000 dan sim C itu 550.000, tapi kalau bikin 2 itu dapat diskon 50.000 katanya gitu. Total untuk 2 sim habis 1150.000. 

Nah, alhasil karena saran dari teman-teman yang sudah berpengalaman dengan pembuatan sim disini, so, why not ? karena butuh sim cepat, dan nggak mau ribet dengan tes tetek bengek, jadi you know lah, bisa nebak apa yang aku lakukan saat itu haha. Dan benar saja apa kata temen, bikin sim lewat jalan tol itu lancar banget, gak ada halangan sama sekali. Jadi setelah bayar, kita nunggu panggilan, abis itu disuruh keruangan, terus foto + sidik jari, udah selesai, dan satu hal lagi, kita nggak perlu ngantri lama-lama, kita nggak perlu ikut test yang kemungkinan besar ngulang, hihi. Waktu itu banyak juga yang ikut jalur ini.

Bikin sim gak perlu sejam kok, asal lewat jalan tol. Eh tapi jangan ditiru ya gaes, ini gak bener, cuma karena kebutuhan mendesak aja jadi kek gini haha. Tapi walaupun nembak, aku bisa kok bawa motor walau cuma matic, bisa bawa mobil juga karena udah pernah ikut kursus stir mobil.

Akhirnya, semua proses selesai, sim bisa diambil 1 bulan setelahnya. Yeay ! Terbukti bikin sim a dan c itu sangat-sangat mudah, gampang, dan cepat !. asal lewat jalur tol

1 komentar:

  1. Suamiku bikin sim c katanya nunggu 1 bulan baru jadi.. pas udah 1 bulan datang lagi kesana malah suruh nunggu 2 bulan lagi. Itu gimana ya?

    BalasHapus